• Pengertian dan Macam-Macam Storage Device

    Pengertian dan Macam-Macam Storage Device


    Storage devices pada sistem komputer adalah kata lain dari secondary storage. Fungsinya untuk menyimpan data dan sistem operasi. Hard disk merupakan salah satu media penyimpan data pada komputer yang terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen-komponen elektronik lainnya.

    Macam-macam Storage Device :

    1. Floppy Disk Drive

    Floppy Disk Drive adalah yaitu suatu perangkat yang ada didalam komputer sebaga Accesoris dan pelengkap yang dapat menyimpan data dalam disket dengan kapasitas rendah. Floppy disk juga dapat Booting Komputer, di dalam komputer terdapat maksimal dua Floppy disc yaitu Floppy "A" dan Floppy "B" tetapi biasanya yang terpasang hanya Floppy "A" saja karena kegunaan terbatas .

    2. Zip Drive

    Zip Drive adalah satu media penyimpanan yang menggantikan Floppy Disk untuk kebutuhan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Zip Drive memiliki kapasitas penyimpanan yang tinggi, bersifat dapat dihapus (Removable) dan dapat menyimpan 100 MB Data. Akan tetapi Zip Drve ini tidak bisa membaca atau menulis tipe Floppy Disk Sebelumnya (5¼ inch dan 3 ½ inch).

    3. Magnetic Tape 

    Magnetic Tape Suatu media perekam terdiri dari tape yang tipis dengan lapisan bahan magnetis yang bagus, digunakan untuk merekam data analog atau data digital. Data disimpan dalam frame. Frame dikelompokkan ke dalam blok atau record terpisah. Magnetic tape adalah suatu media akses serial, serupa untuk kaset audio, dan juga data (seperti nyanyian pada tape musik) tidak bisa ditempatkan dengan cepat.

    4. Hard Disk

    Hard disk merupakan salah satu media penyimpan data pada komputer yang terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen-komponen elektronik lainnya. Hard disk menggunakan piringan datar yang disebut dengan platter, yang pada kedua sisinya dilapisi dengan suatu material yang dirancang agar bisa menyimpan informasi secara magnetis.Platter-platter tersebut disusun dengan melubangi tengahnya dan disusun pada suatu spindle. Platter berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi yang dikendalikan oleh spindle motor yang terhubung pada spindle. Alat elektromagnetik baca tulis khusus yang bernama head terpasang pada slider dan digunakan untuk menyimpan informasi ke dalam piringan atau membacanya.

    5. Compact Disc (CD ROM)

    CD-ROM (singkatan dari Compact Disc – Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita.CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.

    6. Flash Disk
    USB Flash Disk adalah Alat penyimpanan data memori Flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash Drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. USB Flash Drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya Disket atau Cakram padat. Alat ini lebih Cepat, Kecil, dengan kapasitas besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.

    7. SD Card
    SD Card - SD High-Capacity (SDHC) kartu menyediakan lebih banyak daya penyimpanan yang dapat dilepas daripada sebelumnya. Dengan rentang kapasitas mulai dari 4GB hingga dengan 32 GB, pengembang memiliki pilihan untyuk menenutkan kecepatan penulisan data dijamin minimal kecepatan trasfer data.

    8. SSD
    SSD : yang merupakan singkatan dari Solit-State Drive, adalah media penyimpanan data yang mengunakan memori (nonvolatile memory). sebagai media, dan tidak menggunakan disk magnetis seperti disk hardisk konvensional. Berbeda dengan memori (volatile memory) (misalnya RAM), data yang tersimpan pada SSD tidak akan hilang meskipun daya listrik tidak ada. SSD ini lebih mirip seperti memori pada HP yaitu micro SD dan kawan-kawannya. Hanya saja bentuk san kapasitasnya yang membesar.

    9. SSHD
    SSHD adalah inovasi menggabungkan SSD dan HDD menjadi satu perangkat. Tujuan utamanya adalah menekan harga mahalnya SSD dan meningkatkan kecepatan baca HDD. Jadi SSHD ini memiliki kecepatan seperti SSD namun memiliki keleluasaan ruang seluas HDD. Perangkat ini di tujukan untuk kamu yang memiliki budget terbatas untuk upgrade HDD ke SSD

    Sekian Artikel Saya Mengenai Pengertian dan Macam-Macam Storage Device , Terima Kasih.
  • 1 komentar:

    BACA ARTIKEL

    Silahkan baca artikel seputar VICTOR PARULIAN baik itu artikel ataupun kegiatan yang bersangkutan dengan seputar VICTOR PARULIAN.

    ALAMAT

    Bekasi, Kalimalang, RT-007 RW-07 NO:67.

    EMAIL

    vparulian5@gmail.com
    victorparulian86@gmail.com

    TELEPHONE

    Tanya Ke Adminnya
    MOBILE

    Tanya Ke Adminnya