• Input Device Komputer

    Input Device Komputer




    Input Device atau Perangkat Masukan merupakan perangkat keras yang berguna untuk memasukan data atau perintah dalam komputer. Alat input tidak bisa bekerja tanpa adanya software atau perangkat lunak. ada dua jenis perangkat masukan yakni input langsung (langsung diproses. Contoh: keyboard dan mouse) dan peralatan input tidak langsung (harus melalui media tertentu. Contoh: harddisk dan flashdisk). Berikut adalah beberapa macam perangkat masukan komputer lengkap dengan gambar. Baiklah soba sekarang mari kita melihat langsung Macam Macam Input Device dan Fungsinya di bawah ini.


    1. Keyboard




    Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.

    2. Mouse




    3. Joystick





    Joystick adalah perangkat keras berbentuk seperti tuas gigi mobil atau seperti stick konsol. Fungsi joystick adalah untuk bermain game atau permainan pada komputer. Stick Xbox bisa digunakan sebagai joystick pada komputer Windows karena sama-sama buatan Microsoft.


    4. Trackball



    Trackball adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.

    5. Lightpen


    Lightpen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan men-desain gambar dengan screen(monitor).

    6. Scanner

    Scanner adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah data analog (kertas) menjadi data digital. Scanner yang dikombinasikan dengan printer akan menjadi mesin fotocopy berukuran kecil. Hasil scan biasanya berupa gambar atau file PDF.

    7. Barcode Reader


    Barcode Reader atau Barcode scanner adalah alat yang berupa gagangan dan berisi laser berwarna merah untuk memindai barcode. Fungsinya adalah untuk memindai barcode. Barcode adalah kode garis-garis yang biasa terdapat di kemasan sebuah produk swalayan atau gudang perusahaan. Tujuannya adalah untuk mempermudah kasir menghitung total belanjaan dan mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.


    Sekian Artikel Saya Mengenai Input Device Komputer, Terima Kasih

  • 1 komentar:

    BACA ARTIKEL

    Silahkan baca artikel seputar VICTOR PARULIAN baik itu artikel ataupun kegiatan yang bersangkutan dengan seputar VICTOR PARULIAN.

    ALAMAT

    Bekasi, Kalimalang, RT-007 RW-07 NO:67.

    EMAIL

    vparulian5@gmail.com
    victorparulian86@gmail.com

    TELEPHONE

    Tanya Ke Adminnya
    MOBILE

    Tanya Ke Adminnya